Selasa, 16 April 2013

RASIO AKTIVITAS


RASIO AKTIVITAS
Rasio Aktivitas mengukur tingkat efektivitas penggunaan asset perusahaan.Rasio ini juga sering disebut rasio perputaran atau turnover .Secara umum perputaran semakin tinggi berarti semakin efektif tingkat penggunaan asset perusahaan.

Rasio perputaran persediaan (Inventory Turnover) :Khusus rasio persediaan data yang digunakan adalah harga pokok penjualan (HPP).HPP tidak mengandung unsur laba,demikian juga dengan persediaan.Perputaran yang tinggi menunjukan tingkat persediaan yang cukup baik,dalam pengertian adanya persediaan bukan sebagai sebagai akibat tidak laku.
Sebagai catatan,rasio perputaran persediaan hanya perlu dihitung pada perusahaan yang keberadaan persediaan cukup penting,baik dalam menunjang kegiatan usaha maupun sebagai barang yang dijual.

Rasio Perputaran Piutang Usaha (Account Receivable Turnover) : Rasio iini untuk mengukur sampai seberapa cepat perusahaan dalam mengumpulkan piutangnya.Semakin cepat berarti semakin sedikit jumlah dana yang perlu di tanamkan pada piutang.Haya saja rasio ini sebaiknya dipahami dalam krangka strategi perusahaan.Seringkali jangka waktu kredit dijadikan sebagai alat untuk bersaing dibidang pemasaran.

Rasio perputaran utang usaha (Account Payable Turnover) :Dalam kondisi tertentu posisi pemasok bisa sangat kuat kalau produksinya sangat beragam dan dibutuhkan oleh pembeli (perusahaan).Dalam kondisi lain perusahaan sebagai pembeli bisa mempengaruhi jangka waktu kredityang diberi pemasok.



 Rasio perputaran modal kerja bersih (Net Working Capital Turnover) :Modal kerja bersih adalah selisih aktiva lancar dengan utang lancar.Rasio ini untuk menunjukan bahwa semakin baik perusahaan mendapatkan kepercayaan dalam memperoleh kredit jagka pendek,semakin sedikit dana yang perlu disediakan sendiri.Ada baiknya dalam membaca rasio ini kita juga melihat pada rasio likuiditas untuk mengecek ulang kesimpulan yang diambil.secara umum semakin tinggi perputaran maka semakin baik untuk perusahaan,dengan catatan bahwa tingginya perputaran tersebutbukan sebagai akibat perusahaan tidak mampu membayar kredit jangka pendek.


Rasio perputaran aktiva tetap (Fixed Asset Turnover) :Perputaran aktiva tetap untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan aktiva tetap perusahaan mempengaruhi penjualan.Apabila perusahaan mencapai tingkat penjualan yang sama sedangkan aktiva tetap yang digunakan lebih sedikit berarti perusahaan semakin efektif.Rasio akan segera menurun bila tidak diikuti naiknya penjualan yang proporsional.
Hal yang wajar apabila rasio ini mengalami penurunan pada saat perusahaan melakukan investasi baru.Walaupun penilaian investasi memerlukan analisis secara terpisah,akan tetapi rasio ini tidak rasio ini dapat memberikan indikasi besarnya investasi yang terjadi di perusahaan dan pengarunya trhadap penjualan pada tahun tersebut.

Rasio perputaran total aktiva (Total Asset Turnover) :Dengan rasio ini akan diketahui efektifitas penggunaan aktiva operasi perusahaan dalam menghasilkan penjualan.Apabila perusahaan menghasilkan penjualan penjualan yang sama dengan ast lebih sedikit berarti perusahaan tersebut semakin efektifkarena memerlukan tingkat investasi yang lebih rendah.Semakin efektif perusahaan dalam menggunakan asetnya,semakin sedikit aset yang diperlukan.
Degan demikian pada akhirya apabila aset yang digunakan lebih sedikit,maka biaya atas penggunaan aset (cost of capital) akan semakinsedikit dan seterusnya profitabilitas aka meningkat.

FORMULA
Perputaran persediaan
HPP / persediaan
Perputaran piutang usaha
Penjualan / piutang usaha
Peputaran utang usaha
Pembelian / putang usaha
Perputaran mmodal kerja
Penjualan / modal kerja
Perputaran aktiva tetap
Penjualan / aktiva tetap
Perputaran total aktiva
Penjualan / total aktiva
 

1 komentar:

  1. Halo
    Mr Nathan Asher kembali ke sini dan memberikan pinjaman peluang seumur hidup kepada individu, perusahaan bisnis, asuransi, dll. Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau apakah Anda memerlukan pinjaman modal untuk meningkatkan bisnis Anda? Apakah itu ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan konsolidasi atau pinjaman hipotek?
    Kami di sini untuk memberikan semua kesulitan keuangan Anda, kami meminjam dana kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit macet atau membutuhkan uang untuk melunasi utang, dan berinvestasi dalam bisnis dengan suku bunga rendah 2%. Saya ingin menggunakan media hebat ini untuk memberi tahu Anda bahwa kami siap membantu Anda dengan segala jenis pinjaman untuk menyelesaikan masalah keuangan Anda.Jika ya, kembalilah sekarang melalui

    Kirimi kami email sekarang melalui; (perfectloanfirms@gmail.com) untuk mendaftar.

    BalasHapus