Kamis, 11 April 2013

RASIO LIKUIDITAS


RASIO LIKUIDITAS
Rasio likuiditas untuk mengetahui sejauhmana kemampuan perusahaan dalam melunasi hutang jangka pendeknya.Oleh karena itu pos-pos yang dihitung adalah pos neraca pada aktiva lancer dan utang lancer.Sederhana saja,jika kita mempunyai kewajiban yang segera harus dibayar,maka ada kekayaan yang dengan mudah dapat digunakan untuk membayar.

1.        CURRENT RATIO
Rasio lancar adalah perbandingan antara aktiva lancar dengan utag lancar.tujuannya dalah untuk mengetahui sampai seberapa jauh sebenarnyajumlah aktiva lancar perusahaan dapat menjamin utang kepada kreditor jangka pendek.Semakin tinggi rasio makan semakin terjamin utang-utang  perusahaan kepada kreditor.
2.        QUICK RATIO,ACID TEST RATIO
Sebagian orang merasa bahwa perhitungan rasio lancar kurang tajam,karena beberapa pos perlu dikeluarkan dalam perhitungan rasio cepat.Persediaan dianggap pos yang kurang lancar.Rasio ini cukup popular dan sering di gunakan dalam analisis likuiditas.
3.        CASH RATIO
Rasio ini untuk mengukur jumlah kas tersedia disbanding dengan utang lancar.Pengertian kas kadang2 diperluas dengan setara kas (cash equivalent) ,meliputi surat berharga yang mudah diperjual belikan

Formula
Current ratio
Rasio lancar
aktiva lancar / utang lancar
Quick ratio
Rasio cepat
kas+sb+piutang usaha / utang lancar
Cash ratio
Rasio kas
kas+sb / utang lancar

0 komentar:

Posting Komentar